16/07/12

Rahasia Plat Nomor

Aku nemuin artikel menarik banget. Awalnya sih ngeri juga mau bagi, khawatir nanti digunain buat hal-hal yang bisa merugikan orang lain. Tapi, untuk pembaca blogku, aku bagi aja. Siapa tahu bisa berguna untuk memerangi kejahatan (•̀_•́)ง


Oke, jadi katanya plat nomor mobil dan mobil dikelompokkan sesuai jenisnya. Contoh untuk wilayah DKI Jakarta yang berplat "B" untuk sepeda motor menggunakan nomor awalan 3,4,5 dan 6 (sebagian karena kesalahan administrasi ada yang menggunakan angka 7) sedangkan mobil menggunakan nomor dengan awalan angka 1,2,7,8 dan 9.  Kalau plat "B 9024 HQ" mobil dengan awalan angka 9 adalah mobil angkut barang/pick up.


Terkadang menggunakan 3 digit, seperti B 123 AA. Nomor seperti ini memang disiapkan oleh Polda untuk bisa di beli oleh masyarakat yang punya duit lebih. Besaran harga sekitar Rp. 1 juta sampai Rp 5 juta, apalagi bila nomornya (lebih) unik, bisa dibaca akan lebih mahal tarifnya.

contoh : B 234 SG (baca: B 234 56), atau B 168 OS (baca : BIG BOS). Variasi lainnya seperti nomor ganda dan huruf ganda, seperti B 111 SS (baca : BIS) atau B 10 LA (baca : BIOLA)[/b]


Yang patut kita waspadai di jalan adalah akhiran BP (bantuan polisi),BS (Bebas Sweeping) atau (Bantuan Sipil), BL(Bantuan Laut), BD (Bantuan Darat), BU(Bantuan Udara) karena ini merupakan nomor untuk keluarga besar TNI dan Polisi, kalau bisa beli mobil eks polisi, lumayan dapat B 11 BP minimal saat ada razia gabungan bisa "lewat saja sambil melenggang"


Waww.. Benar-benar menarik khan? Bagus untuk menambah wawasan. Tapi bakalan sayang banget kalau digunain untuk hal-hal buruk. Bisa-bisa kode beginian bisa diganti. Sulit lagi nih bisa tahu arti dibaliknya. Hehehe...`)


sumber: www.i-dus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca, silahkan tulis komentarmu di sini :) Saya akan sangat senang untuk meresponnya