19/08/12

Website Penemu Si 'Pencuri' Tulisan Kita

Hai, pembaca. Baru saat ini saya kembali lagi untuk menulis. Jarangnya saya menulis,dikarenakan saya belum menemukan sesuatu yang bagus untuk dibagi pada pembaca. Kadang juga saya sulit sekali menuangkan apa yang ingin ungkapkan dalam tulisan, sehingga pernah berkali-kali saya menulis hanya saya simpan dalam draft. Menulis memang tidak mudah.

Kita boleh saja menguasai penulisan huruf. Kita semua bisa menulis a, b, c, dan seterusnya, tetapi membuat sebuah tulisan menjadi berkulitas adalah hal yang membutuhkan kemampuan yang sebenarnya tak semua orang punya.

Karena hal inilah,
kadang ada saja orang yang sengaja mengcopy-paste tulisan dari penulis-penulis bertalenta. Tanpa mencantumkan sumber, penulis, dan mengubah sedikit kata untuk membuat tulisan itu terlihat seolah-olah hasil karya si tukang copy-paste itu sendiri.

Siapa pun yang karyanya dipatenkan menjadi milik orang lain tanpa izin terlebih dahulu pasti akan marah, kesal, dan sebal, kan? Tapi kita ga perlu khawatir, karena kali ini saya mau berbagi penemuan saya yang tak terduga dan sangat membantu. Ternyata ada website yang bisa membantu kita mengecek keberadaan penduplikatan tulisan kita atau lebih sering disebut plagiator.

Inilah COPYSCAPE.COM!

Caranya:
- Buka COPYSCAPE.COM
- Masukkan alamat yang ingin kita cek. Misalnya www.funny.com >>> berarti kita ingin cek apakah ada website yang menduplikat www.funny.com

Selamat mencoba, pembaca! Ayo kita perangi plagiarism :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca, silahkan tulis komentarmu di sini :) Saya akan sangat senang untuk meresponnya