20/01/13

Solusi Ampuh Nokia Sering Mati Sendiri

Halo, pembaca. Mungkinkah Anda pernah mengalami hal serupa? Beberapa minggu ini saya tidak bisa mengoperasikan handphone saya. Saya adalah pengguna Nokia Asha 303.

Jadi, secara tiba-tiba handphone saya sering mati sendiri jika:

-Saya membuka Gallery, terutama ke bagian Photos
-Membuka folder dalam Gallery
Sebagai catatan, Gallery yang saya maksud adalah gallery dalam kartu memory saya.

Awalnya setelah mati, saya coba hidupkan lagi dan bisa. Selanjutnya semakin sering mati sendiri. Hingga puncaknya di mana handphone ini tidak dapat bertahan lebih dari 1 menit setelah dihidupkan.

Usaha yang pernah saya lakukan adalah memlepas dan memasang kembali baterai handphone.
Hasilnya: Tetap hidup-mati.


Saking frustasinya, saya sempat berfikir untuk membawanya ke service handphone. Namun, karena saya cukup malas untuk keluar rumah dan cukup sibuk melakukan kegiatan lain, saya menundanya hingga detik-detik terakhir tadi sebelum saya menuliskan tulisan ini.

Saya menemukan beberapa artikel mengenai solusi masalah ini. Salah satunya dari www.masterz.webatu.com:

  1. Keluarkan kartu memory
  2. Pastikan handphone hidup saat merestart menggunakan kartu SIM
  3. Masukkan kode *#7780#
  4. Lalu akan tampil pesan notifikasi pada layar untuk melakukan reset/restart, tekan OK
  5. Masukkan security code. Standarnya 12345
  6. Kalau security codenya pernah diubah, maka gunakan kode setelah diubah

Dan sayangnya security codenya sudah pernah saya ubah dan saya LUPA.
Astaga, saya hampir benar-benar putus asa.

Lalu saya tunggu beberapa saat dan ternyata handphone ini tidak mati hingga saat ini (tepat saat saya mengetik 'ini'). Ternyata masalahnya pada kartu memory saya.

Jadi, teman-teman pembaca boleh mencoba untuk mengeluarkan kartu memory dulu dan jika memang masih bermasalah, coba gunakan cara-cara lainnya seperti *#7780#. Jika masih bermasalah juga, terpaksa harus diservice :)

8 komentar:

  1. thx.. info yg sngat berguna..

    BalasHapus
  2. saya bernasib sama..
    tapi belum sempat di masukkan kodenya,sudah mati lagi..
    kira" bisa bener lagi nggak ya??
    trims

    BalasHapus
  3. @Anonim: Senang bisa membantu :)

    @Andien Rachma: coba dilepaskan memory card ny dulu saja, siapa tahu memang memory card ny yang bermasalah :D

    @Renandi's Blog: Yup, sama-sama :)

    BalasHapus
  4. kalo dilakukan dua kali boleh ga kak ? dulu sudah pernah sih.

    BalasHapus
  5. Ane juga bernasib sama. Udah dibuka memoru card nya tapi tetap aja gak bisa gan. Kira-kira apa solusinya ya gan?

    BalasHapus
  6. Gw baru salaman pd saat di aktifkan langsung mati lg gan... gimana itu ya.... memory card uda dilepasin tp masih gitu

    BalasHapus

Pembaca, silahkan tulis komentarmu di sini :) Saya akan sangat senang untuk meresponnya