06/06/10

Berlibur Membuat Stress? Tidak Lagi!

Mengurus keluarga beserta barang-barangnya di tempat asing, pengeluaran membengkak.. Tidak, tidak ada lagi berlibur! Oops, coba dulu tips-tips ini. KapanLagi.com - Di Indonesia, sudah menjadi kebiasaan untuk berlibur pada tengah tahun. Tentu saja alasan utamanya adalah pada pertengahan tahun anak-anak di bangku sekolah sedang liburan panjang.

Berlibur seorang diri atau berdua saja dengan pasangan mungkin menjadi obat penghilang stress yang sangat manjur. Tetapi berlibur lengkap dengan pasangan dan anak-anak? Haha.. Mereka berlibur, namun Anda mungkin 'tetap bekerja'. Bisa jadi mereka senang dan Anda malah stress tidak bisa menikmati liburan. Jangan padamkan dulu semangat bersenang-senang bersama keluarga, ada caranya kok jauh-jauh dari stress selama berlibur.

Rencanakan jauh-jauh hari

Sesuatu yang sudah direncanakan tentu akan meminimalkan hal-hal tidak terduga dan membuat Anda bisa memikirkan ide-ide yang luar biasa untuk liburan Anda. Dan yang sangat penting, Anda bisa mengatur budget untuk berlibur!

Siapkan semuanya dengan teratur

Tuntaskan perencanaan Anda dengan mempersiapkan semuanya secara terorganisir. Prediksikan hal-hal yang akan terjadi selama berlibur dan selama di perjalanan. Pastikan barang yang diperlukan ada di tempatnya dan mudah untuk diambil.

Kuasai stress

Persiapan yang sempurna juga tidak menjamin stress benar-benar tidak menghampiri Anda. Jika itu yang terjadi, maka kuasailah stress Anda dengan mengambil nafas dalam-dalam, berpikiran positif dan selalu bersemangat.

Salurkan emosi Anda dengan benar

Menjaga suasana ceria dan tetap bersemangat ternyata tidak juga menghilangkan emosi Anda. Saatnya mencari penyaluran emosi yang benar. Jika Anda ingin marah, carilah permainan yang memacu adrenalin. Jika Anda sedih, tontonlah film yang menyedihkan dan menangislah bersamanya. Setelah itu, lupakan emosi Anda.

Aturlah waktu dengan baik

Waktu berlibur terasa tidak pernah cukup, maka aturlah waktu berlibur Anda dengan baik. Perlu sikap tegas untuk memastikan serangkaian kegiatan selama berlibur berjalan seperti yang keluarga Anda inginkan.

Berlibur sekeluarga tidak menjadi stress lagi bukan? Selamat bersenang-senang dengan keluarga Anda. (wo/miw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca, silahkan tulis komentarmu di sini :) Saya akan sangat senang untuk meresponnya